20/05/2024
Silabus OSN SMA Kimia ada disini

Persiapkan diri kamu sebelum ikut kompetisi dengan tahu silabus OSN SMA Kimia dan kisi-kisi soalnya disini. Jangan lupa share ya!

Calon Medalian OSN SMA Kimia sudah sampai mana nih persiapannya ? Masih nyantai-nyantai aja kah ?

In case kamu emang bener – bener niat mau berprestasi di OSN SMA Kimia, ini kami ada informasi mengenai silabus yang akan diujikan nanti ya. Yuk disimak.

Garis besar silabus OSN SMA Kimia

Silabus kimia disusun berdasarkan pembidangannya yaitu: bidang kimia teoritis/dasar kimia, kimia fisik, kimia anorganik, kimia organik, kimia analitik, biokimia, polimer serta spektroskopi kimia.

Didalam silabus ini, Klasifikasi Topik-Topik Kimia dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

  • Kelompok 1 : Topik yang sebagian besar terdapat pada Kurikulum Nasional
  • Kelompok 2 : Topik yang termasuk sebagai program Kurikulum pada SMA di tingkat Nasional; tetapi walaupun sebagian besar tidak dimasukkan dalam Kurikulum Nasional, diharapkan peserta OSN SMA Kimia dapat mempelajarinya.
  • Kelompok 3 : Topik ini sebagian besar belum/ tidak termasuk dalam program dalam Kurikulum Nasional. Walaupun demikian, peserta OSN SMA Kimia dapat mempelajarinya untuk menuju ke Olimpiade Internasional (IChO).

Penilaian OSN SMA Kimia

Kimia adalah sains eksperimen sehingga OSN SMA kimia meliputi ujian Teori dan Praktikum.

Ujian teori disusun berdasarkan silabus Olimpiade Kimia (terutama kelompok 1 dan 2), serta bila memungkinkan dimasukkan juga kelompok 3 (tidak termasuk spektroskopi ).

Kelompok 3 dapat saja diujikan bila soal yang diberikan memungkinkan untuk dikembangkan lebih mendalam (terutama yang berkaitan dengan termodinamika kimia).

Untuk ujian teori OSN SMA Kimia, bobot nilai adalah 60-70%. Untuk ujian praktikum, siswa diberikan prosedur melakukan suatu eksperimen sederhana berdasarkan pengetahuan ilmu kimia yang telah
dipelajarinya.

Eksperimen yang dilakukan adalah eksperimen yang berkaitan dengan kimia fisik, analitik, serta sintesa dasar senyawa organik ataupun anorganik.

Kemampuan Dasar Teknik Kerja Laboratorium yang harus disiapkan adalah:

  • Metoda pemanasan di laboratorium, pemanasan dengan refluks;
  • Pengukuran massa dan volume dengan timbangan elektronik, gelas ukur, pipet dan buret, labu volumetri;
  • Preparasi dan pengenceran larutan serta larutan standar;
  • Mengoperasikan magnetic stirrer;
  • Melakukan reaksi dalam tabung reaksi;
  • Uji kualitatif untuk gugus fungsi organik (menggunakan prosedur yang diberikan);
  • Penentuan dengan cara Volumetri, titrasi, menggunakan pipet volimetri;
  • Pengukuran pH (mengunakan kertas pH atau pH meter terkalibrasi);

Dalam ujian praktikum, siswa diuji ketrampilan serta kemampuannya dalam melakukan observasi, mengumpulkan dan menganalisa data, serta melakukan evaluasi hasil eksperimen dengan kecermatan tinggi.

Bobot nilai untuk ujian praktikum ini adalah 30-40%.

Tentunya pembahasan mengenai silabus ini terlalu panjang jika hanya disampaikan diartikel ini. Kamu bisa download selengkapnya pada link berikut ya.

Semoga kamu bisa melaju ke tahap setingginya di OSN SMA Kimia ya. Jika perlu informasi terkait bimbel intensif untuk persiapan kompetisi, kamu bisa kontak kami pada WA 0856 8598 823 atau cek link berikut selama kuotanya masih ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *