20/05/2024
gambar atmosfer di silabus OSN SMA Kebumian

Persiapkan diri kamu sebelum ikut kompetisi dengan tahu silabus OSN SMA Kebumian dan kisi-kisi soalnya disini. Jangan lupa share ya!

Kamu setuju ga kalau OSN SMA Kebumian adalah cabang OSN yang paling kompleks ? Menurut admin sih gitu. Pada Silabus OSN SMA Kebumian Sistem yang dipergunakan pada olimpiade ini adalah dengan tes tertulis (bobot 70%) serta tes praktek (bobot 30%), dengan komponen materi antara lain :

  • geologi (tertulis dan praktek),
  • meteorologi (tertulis dan praktek),
  • astronomi (tertulis dan praktek),
  • oseanografi (hanya tertulis)

Selain itu terdapat kompetisi berupa investigasi lapangan untuk setiap materi.

Nantinya pada tingkat internasional, juga diadakan kompetisi ITFI (International Team Field Investigation) yaitu dengan dibentuk beberapa kelompok internasional yang terdiri dari beberapa siswa dari berbagai negara.

Dalam kompetisi ini kerjasama dan kreativitas menjadi penilaian utama untuk menentukan kelompok yang mendapatkan penghargaan tambahan.

OSN SMA Kebumian dengan rasa Geografi dan Fisika

Hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan kamu untuk mengikuti OSN SMA Kebumian hingga International Earth Science Olympiad (IESO) ini adalah bahwa kurikulum pelajaran di tingkat sekolah menengah belum mengulas ilmu kebumian (geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi dan astronomi) secara lengkap dan komprehensif .

Hal ini disebabkan oleh karena ilmu kebumian diajarkan secara parsial dengan materi yang terbatas dalam mata pelajaran geografi, bahkan sebagian materi astronomi diberikan dalam mata pelajaran fisika.

Untuk itu materi ilmu kebumian yang diberikan baik dalam pelajaran geografi ataupun fisika harus kamu pelajari sebagai satu kesatuan yang saling berkaitan dan dipahami sebagai suatu sistem yang utuh mengenai bumi.

Silabus OSN SMA Kebumian

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada OSN SMA Kebumian akan diujikan 2 komponen yaitu Tertulis dan Praktek.

Kisi – Kisi OSN SMA Kebumian Tingkat Kabupaten/Kota dan Propinsi

Pada seleksi tingkat ini hanya dilakukan test tertulis. Untuk OSK jumlah soal 100 pilihan ganda, untuk OSP jumlah soal 50 pilihan ganda dan 5 esai. Siswa diharapkan menguasai pemahaman dasar mengenai ilmu kebumian.

Kisi – Kisi OSN SMA Kebumian Tingkat Nasional

Sesuai dengan materi/kisi-kisi teori untuk tingkat Kabupaten/Kota dan Propinsi (jumlah soal pilihan ganda 40, esai 8), akan tetapi bobot hanya 70%.

Bobot 30% lainnya untuk test praktikum yang dilaksanakan di laboratorium ataupun lapangan dengan materi seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya.

Pada OSN, kamu diharapkan sudah mampu memecahkan masalah secara komprehensif yang merupakan pengetahuan lanjut dari masing-masing subbidang.

Pembahasan mengenai silabus OSN SMA Kebumian ini terlalu panjang jika hanya disampaikan diartikel ini. Kamu bisa download selengkapnya pada link berikut ya.

Persiapkan diri kamu sukses berprestasi di OSN SMA Kebumian dengan belajar intensif ya. Rekomendasi bimbel yang fokus ( karena 1 kelas maksimal 3 murid ), bisa kontak kami pada WA 0856 8598 823 atau cek link berikut selama kuotanya masih ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *